Friday, April 19, 2024
Just another Binusian blog site

Recent Posts


Recent Comments


Archives


Categories


Meta


FEP

September 19th, 2016 by masgibran

Binus Alsut

Pada kali ini saya Gibran mahasiswa dari Univ. Bina Nusantara jurusan Teknik Informatika akan menjelaskan apa sih tahapan yang harus dilewati sebelum menjadi mahasiswa di Univ. Bina Nusantara?

Nah, di Binus kalian akan menjalani Freshmen Enrichment Program (FEP) yaitu tahapan sebelum menjadi mahasiswa! Tahapan yang pertama ada General Orientation selanjutnya Academic Orientation yang terakhir akan dilanjutkan oleh Campus Life Orientation.

 

A. GENERAL ORIENTATION

Daripada bingung langsung kita bahas apa itu General Orientation (GO). GO di Binus sangatlah penting kita ikuti sebagai Mahasiswa Baru, karena Program GO di Binus akan mengenalkan kita kepada dunia perkuliahan khususnya di Binus. Di hari pertama kita akan dikenalkan oleh kakak BC (Buddy Coordinator) selama GO kita akan dipanggil Buddy. Kesan pertama yaitu kita akan main games yang dirancang supaya kita aktif satu kelas dan dapat berkenalan dengan teman-teman baru di hari pertama.

Hari selanjutnya kita akan di beri pengetahuan tentang lingkungan Binus University, peraturan tata tertib, registrasi perkuliahan, organisasi kemahasiswaan. Kita mulai dari mengumpulkan poin Student Activity Transcript (SAT) yaitu poin yang kita kumpulkan selama kuliah di binus, poin kita harus mencapai 120 untuk syarat kelulusan. Nah, makanya jangan sampai kita kuliah-pulang kuliah-pulang alias Kupu-Kupu. Untuk mendapatkan poin tidaklah sulit, 100 poin akan kita dapatkan setelah mengikuti semua kegiatan FEP dan tinggal mencari 20 poin dari mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Tidak hanya SAT untuk syarat kelulusan ada juga 30 Jam Kerja Sosial, IPK >= 2.00, 146 SKS.

Ciri khas kita sebagai binusian, yaitu mempunyai kartu Flazz BCA sekaligus ID Mahasiswa di Binus dan selama seminggu GO kita mengenakan pakaian khas berupa kemeja putih dan celana bahan hitam. Flazz BCA kita sangat penting dan wajib dibawa setiap saat kuliah di Binus, digunakan untuk absen dan bertransaksi. Sebagai Binusian kita diharapkan mempunyai Global Employability & Entrepreneurial Skills, yaitu:

  1. Kemampuan berbahasa asing
  2. Keterampilan teknologi komunikasi
  3. Kemampuan menghitung
  4. Soft Skills
  5. Pengalaman Internasional
  6. Kemampuan berinovasi

Hal-hal diatas akan menjadi ciri khas kita sebagai lulusan Binus University dalam dunia pekerjaan.

Bagaimana dengan jadwal atau kalender perkuliahan selama di Binus? Mahasiswa Binus University akan diberi akun Binusmaya saat GO. Binusmaya berfungsi sebagai wadah informasi lengkap selama menjadi mahasiswa di Binus, contohnya kalender, jadwal kuliah, surat kabar, forum, cek tugas, cek nilai, mengunduh Kartu Mata Kuliah (KMK) yang digunakan untuk Ujian di Binus, berita, dll. Binus juga bekerja sama dengan Microsoft sehingga mahasiswa Binus dapat menggunakan produk Microsoft secara gratis mulai dari OS, Microsoft Office, Outlook, dan lainnya.

Pada hari akhir GO akan ada Expo dan pertunjukkan yel yel dari masing-masing kelas. Expo adalah tempat dimana kita nanti memilih serta mendaftar UKM yang sesuai dengan pilihan kita.

 

Posted in Uncategorized | No Comments »

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.